Aplikasi Visa Kunjungan Kanada

Awal mula saya membuat blog ini sebenarnya untuk sharing pengalaman aplikasi visa ke Kanada. Jujur saja, ketika akan membuat visa ke Kanada ini saya browsing kesana-kemari, rasanya kurang memuaskan, hahaha.. Maksudnya, belum ada informasi yang benar-benar bisa jadi patokan. Membaca di website CIC, saya semakin membaca semakin koprol. Membuka blog orang2, rasanya beda kasus  😀

Ternyata sesampai disini memang begitulah adanya. Peraturan imigrasi Kanada ini selalu update. Memang tiap orang yang berbeda tahun aplikasi bisa jadi beda tahapannya. Deuuuh.. pantesan aja yaa… *selfpukpuk

Di tulisan yang lalu saya sudah membahas aplikasi visa belajar dengan menggunakan aplikasi online. Kali ini saya pengen membahas aplikasi visa kunjungan ke Kanada versi paper atau konvensional.

Setelah gagal mendaftar dengan sistem online (karena salah submit dokumen *sigh*), saya akhirnya memutuskan untuk mendaftar dengan cara konvensional. Agak lebih ribet sih karena harus mempersiapkan dokumen versi cetak (hard copy), membayar biaya pembuatan visa di bank tertentu dan tentu saja menyerahkan dokumen2 tersebut ke VFS.

Jadi, tahap pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan jenis visa yang diperlukan. Di imigrasi Kanada hanya ada 3 pilihan jenis visa:

  1. Temporary resident visa (TRV/visit)
  2. Study permit
  3. Work permit

Sempat tanya ke VFS juga, visa jenis apa yang sebaiknya saya gunakan. Jawabannya, “kami tidak bisa mengarahkan, visa apa yang akan di-apply”.  Sebenarnya saya kan memerlukan visa karena akan mendampingi suami yang sedang studi ya. Maksud saya, apakah ada jenis visa untuk spouse atau family reunion seperti di Jerman. Ternyata memang tidak ada.Ok fine! Hahaaha.. Ya sudahlah yaa.. ga ada pilihan selain TRV.

Yowes, mari melangkah ke tahap kedua: mempersiapkan dokumen dengan panduan dokument check list dari CIC.

  1. Formulir aplikasi TRV (IMM 5257)*
  2. Form family info (IMM 5707 atau IMM 5645)*
  3. Bukti pembayaran aplikasi visa (bank draft)
    Ini salah satu PR untuk aplikasi versi paper, kita harus membuat bank draft sebagai bukti pembayaran. Nah ternyata tidak semua bank bisa mengeluarkan bank draft ini. Kebetulan saya sempat bertanya ke beberapa bank di sekitar kantor saya mulai  BRI, BNI, Bank Mandiri sampai BCA.Dan tidak semua CS ataupun teller tahu tentang bank draft ini. Di bank-bank tersebut para CS harus menghubungi supervisor masing-masing untuk bertanya. 

    IMG_20160720_223703

    Bank draft dari Mandiri

    Akhirnya saya ke Mandiri KCU  (cari yang paling gampang, hehe). Dan hamdalah disana CS-nya helpful banget. Meskipun awalnya bingung, si Mbak mencarikan informasi dan memberi tahu langkah-langkahnya.
    (1) mengisi formulir setoran
    (2) membayar biaya visa & biaya transaksi di teller (jika nasabah Mandiri bisa langsung debet dari rekening). Biaya transaksi cukup 35K IDR saja 😀
    (3) divalidasi di CS
    (4) terbitlah selembar bank draft *fiuuh.. akhirnyaa 😀

  4. Fotokopi paspor + paspor asli
  5. Foto 3.5×4.5 (2 lembar, diberi nama di bagian belakang)
  6. Proof of financial (Rekening istri, rekening suami di indo & canada, surat beasiswa suami) –> http://www.cic.gc.ca/english/study/study-how-documents.asp
    Intinya di bagian ini kita berusaha meyakinkan pihak imigrasi bahwa kita punya uang yang cukup dan tidak akan ‘merepotkan’ pemerintah Kanada.
  7. Fotokopi buku nikah**
  8. Kartu keluarga dan akte kelahiran (ga wajib, tapi kemarin saya sertakan),
  9. Purpose of travel (saya menggunakan invitation letter dari suami)
  10. Hasil medical check up 
  11. Dokumen pendukung**  (Bukti ‘keberadaan’ suami di Kanada seperti enrollment letter, kartu mahasiswa, insurance card, dll; kartu keluarga, akte kelahiran, surat keterangan kerja istri – jika ada)

Nah setelah dokumen lengkap, barulah kita melenggang ke langkah ketiga, memasukkan dokumen ke VFS. Hamdalah semua dokumen lengkap dan diminta menunggu pemberitahuan via email. Waktu itu saya memasukkan aplikasi visa pada tanggal 15 Januari 2016. Tanggal 20 Januari 2016 saya mendapatkan email dari VFS bahwa paspor saya sudah bisa diambil. Alhamdulillaaah… Akhirnya…bisa ke Cikebek jugaa 😀

Jadi, pastikan semua dokumen lengkap ya. InsyaAllah prosesnya sekitar 3 hari kerja saja kok 😀

Catatan:
*untuk setiap formulir dari imigrasi, pastikan formulir yang kita gunakan adalah versi terbaru
**seluruh dokumen harus ada terjemahan Bahasa Inggris/Perancis (kecuali KK..belum ada versi bilingual-nya :D)

Perbedaan aplikasi online dan paper sebenarnya terletak pada:
1. proses pengiriman dokumen (online: semua dokumen dalam bentuk digital & di-submit di web CIC
2. pembayaran (online: menggunakan kartu kredit)

Advertisements

6 thoughts on “Aplikasi Visa Kunjungan Kanada

  1. You are being asked to login because rentry.thh42@gmail.com is used by an account you are not logged into now.

    By logging in you’ll post the following comment to Aplikasi Visa Kunjungan Kanada:
    halo mbak,
    senang sekali menemukan blog ini. saya ada beberapa pertanyaan mbak terkait istri yang akan mendampingi suaminya untuk studi di kanada:
    1. untuk aplikasi visa, jika beasiswa suami kurang, maka ditambahkan bukti keuangan. mohon info apakah total buktu keuangan harus sesuai dengan ketentuan di kanada (misal, untuk 1 orang dewasa perlu skitar 5000 dollar kanada/tahun)?
    2. apakah istri perlu punya asuransi? atau di kanada otomatis asuransi istri ikut suami? insurance card yang disebutkan pada point 11 itu atas nama istri atau suami ya?
    3. mungkin mbak tau apakah ada perbedaan persyaratan bagi istri yang menyusul suami atau berangkat bersamaan dengan suami
    terima kasih sebelumnya. mohon maaf jika banyak pertanyaannya 😊🙏🏻

    Like

    • Halo Mbak (atau Mas?) 😅😅⁠⁠⁠⁠
      1. Harusnya gitu ya.. kan ini untuk membuktikan bahwa kita ga akan ‘merepotkan’ pemerintah Kanada, dan kita bisa ‘hidup’ dengan baik disana. 😊😊⁠⁠⁠⁠
      2. Sependek pengetahuan saya, disini ga ada peraturan wajib asuransi. Tapi kalau berobat atau melahirkan tanpa asuransi, yang pasti perlu biaya yang tidak sedikit 😬😬⁠⁠⁠⁠
      Kalau mau daftar asuransi, nanti bisa apply setelah di Kanada.
      Insurance card di point 11 adalah insurance atas nama suami. Pokoknya kemarin saya lampirkan semua bukti yang ada aja…hehe..
      3. kalau bersamaan, ga perlu pakai #9 dan #11 😊😊⁠⁠⁠⁠
      Semoga visa-nya lancar semua ya 😊😊⁠⁠⁠⁠

      Like

      • terima kasih sudah di reply mbak. untuk penjelasan mengenai asuransi, saya juga sudah baca blog terbaru mbak (hehehe,,, akhir2 ini jadi rajin cek blog mbak 😊 )

        mau tanya satu lagi mbak,
        untuk istri yang ingin mendampingi suami berarti apply visa kunjungan sementara untuk dapat visa yang berlaku selama 6 bulan, kemudian diperpanjang dengan visa kerja? benarkah? visa kerja bs berlaku berapa tahun ya?
        terima kasih sebelumnya.

        p.s : bener kok mbak, kalau saya dipanggil mbak juga 😁

        Like

      • Hihihi.. makasih udah tanya loh mbak, akhirnya draft yang udah ngendon karatan itu keluar juga 😂😂

        Nanti apply TRV (Temporary Resident Visa) sama dengan durasi visa studi suami. Kalau hanya TRV, meskipun dapat visa untuk 4 tahun, tiap 6 bulan harus keluar Kanada.
        Nah, kalo OWP, durasinya biasanya sama dengan visa studi suami juga.

        Rencana di kota mana mbak? 😊😊

        Like

  2. rencananya di quebec city. untuk sementara mungkin suami dlu yang berangkat, sambil nyari appartement yang cocok dan terjangkau harga dan lokasi dekat dengan laval univ or lab-nya….

    mohon bantuannya ya mbak kalau nanti saya ada pertanyaan lagi. semoga g bosen jawab pertanyaan saya 😁😁😁

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s