Mengirim Paket dari Indonesia

Saat tinggal di luar negeri, kadang kangen dengan makanan Indonesia. Kalau bahannya masih bisa ditemukan di tempat kita sih aman ya. Tapi jadi bikin galau kalau bahannya ga ada, atau kemampuan masak tiarap macem saya 😅
IMG-20160812-WA0016

Jangan khawatir, selama masih ada yang bisa mengirimkan dari Indonesia, iler masih bisa ditahan. Setelah survei ke beberapa ekspedisi, akhirnya saya memilih untuk menggunakan jasa PT. Pos Indonesia. Selain terkesan sangat nasionalis, tentunya mengirimkan via Pos Indonesia sangat terasa ekonomis 😎

Untuk mengetahui biaya pengiriman, kita bisa mengakses di website Pos Indonesia. Pengiriman paket barang ke Kanada ada beberapa alternatif:

screen-shot-2016-11-10-at-2-35-09-pm

Estimasi waktu & biaya untuk paket dengan berat 5 kg – sumber: http://www.posindonesia.co.id

Dari pengalaman saya, berikut tipsnya:

  • Kalo mau kirim benda2 yang mengandung minyak (rendang, sambel mateng, dll) sebaiknya gunakan paket pos biasa LN
  • Karena kita harus declare, siapkan daftar benda-benda yg dikirim dlm Bahasa Inggris dan bahan baku utama – plus harganya dalam USD
    Misal:
    Rendang Jengkol – Jengkol (Stinky Bean) – $4
    Sambel Bawang – Chilli – $3
    Shrimp Chips – Shrimp – $8
  • Ga perlu dibungkus dari rumah karena isi paket harus dicek oleh petugas saat kita declare.
  • Harga paket pos via kapal (paket pos biasa)  1-3 kg sama aja harganya. Begitu pula 4-5 kg 😅
  • Ongkos bungkus sesuai standar Pos Indonesia 45K 😅 (dicantumkan di resi-nya)
  • Siapkan alamat tujuan & alamat pengirim di secarik kertas

UPDATE: 

Kebijakan baru PT. Pos Indonesia:

  1. Benda-benda yang berupa bubuk (misal: bandrek instan), merk dan bahan-bahan yang digunakan harus tertera dengan jelas. Jika tidak, maka sample harus dikirim ke lab untuk mendapatkan MSDS (Material Safety Data Sheets).
  2. Bumbu-bumbu yang dikeringkan alami tanpa merk, seperti daun salam, kemiri, keluwak, dll, harus via karantina. Pun kemungkinan lolosnya kecil 😭

 

IMG-20160127-WA0003

Advertisements

2 thoughts on “Mengirim Paket dari Indonesia

  1. Ema says:

    Helo mba.. salam kenal.. sebelumnya kenalin, aku ema tinggal di kanada juga, tepatnya toronto.. aku udah baca blog nya, dan aku ngerasain hal yg sama juga, kangen bgt sama makanan indo..
    Naahh skrg masalahnya aku lg hamil, dan ngidam snack2 indo, kaya keripik2an yg suka dijual di serba 5.000 itu loohh..
    Kira2 gimana yaa cara kirim dari indo ke sini untuk snack2 kaya gitu?
    Apa seribet bumbu2 gitu juga?
    Makasih sebelumnya mba..

    Like

    • Halo Mbak Ema, salam kenal 😊
      Waa.. selamat Mbak Ema, semoga semua lancar & sehat2 yaaa…
      Kirim makanan dari Indo, selama ga mengandung daging, insyaAllah aman mbak.. Beberapa waktu yang lalu kami ‘mengimpor’ ikan asin peda & jengkol, alhamdulillah sampai dengan selamat 😂
      Kemarin dikirim dengan Pos Indonesia mbak Ema. Semoga membantu & ngidamnya bisa segera kesampaian ya mbak 😊

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s