Wisdom Teeth Removal

Barusan dengar cerita teman yang baru saja menjalani operasi gigi bungsu 4 sekaligus! Dan kemudian teringat operasi si bungsu beberapa bulan yang lalu.

Gigi bungsu kiri bawah tumbuh miring tak jelas karena tak ada lagi ruang untuknya. Walhasil aneka makanan pun sering bersarang dan lama kelamaan gigi depannya pun ikut ngilu. ‘Diagnosis’ sotoy saya, gigi depannya (geraham kedua) berlubang akibat makanan nyasar tersebut.

Saya pun akhirnya ke dokter gigi untuk meyakinkan diri. Ternyata gigi geraham kedua baik-baik saja. Penyebab sering ngilu tak lain dan tak bukan adalah gigi bungsu yang mendorong-dorong. Ga ada cara lain selain ‘membuang’ si bungsu dengan jalan operasi  😅

Mendengar kata Operasi Gigi, saya terbayang darah yang mengalir dan ngilu pasca operasi yang tak terperi *halah.. Tapi saya penasaran dengan apa yang akan dilakukan di gigi saya nantinya. Maka saya pun melihat aneka video operasi gigi. Sepertinya ini bukan cara yang tepat untuk menguatkan mental 😂

Tapi akhirnya saya memberanikan diri untuk mendaftar operasi karena asuransi kantor hampir expired. Iyah, kalo bayar sendiri, lumanyun banget..😁 Setelah browsing, waktu itu saya memilih di Hermina Bogor. Disana ada 2 dokter gigi spesialis bedah mulut. Dari hasil browsing pula, saya memilih drg. Sutarto, SpBM.

Sambil membawa hasil panoramic rontgen, diantar 2 orang teman (iyah, saya ga berani bawa motor sendiri pasca anestesi & terbayang ngilunya..hehe), hari itu saya ke Hermina. Dokternya ternyata lumayan lucu ya, jadi saya ketegangan saya agak berkurang. Dokter Sutarto juga komunikatif, menjelaskan prosesnya dan katanya, “ga sakit kok, kan dibius” 😅

Ternyata bener dong ya. Operasi hanya sekitar 30 menit. Jadi si bungsu dipotong menjadi 3 bagian dan kemudian diambil satu demi satu. Ga sakit, cuma berasa dicongkel-congkel.. 😁 Pasca operasi harus gigit kapas & belum boleh minum sampai 2 jam kemudian.

Operasi cuma 30 menit, tapi antri obatnya kayanya lebih dari 1 jam 😅 Gapapa sih, sampai rumah pas waktunya minum obat. Saya langsung minum painkiller & langsung bobok. Berharap saya pingsan dan ga sempat merasakan sakitnya pasca ilang si bius..hahaha..

Hamdalah doa saya terkabul, ga merasakan sakit sama sekali. Besok pagi-nya sarapan bubur & cuma nyut-nyutan dikit aja 😎 Seminggu kemudian, buka jahitan. Saya udah kebayang bakal ngilu karena ga dibius. Ternyataaa.. ga sampe 5 menit dan ga berasa sama sekali. Yeay..

Buat yang mau ‘buang’ gigi bungsu, tenang aja. Pokoknya cari dokter yang friendly, menenangkan. Browsing buat cari tau dokter yang recommended 😎. Plus patuhi perintah dokter yaa 😀

Leave a Reply

