Membuat SKCK Tujuan Luar Negeri

Berurusan dengan birokrasi seringkali menguji kesabaran, tapi seru  ⁠⁠⁠😁. Selama ini selalu mengurus sendiri segala urusan yang terkait dengan administrasi, seperti KK, KTP,  maupun paspor. Nah kali ini saya ingin berbagi mengenai pengalaman membuat SKCK untuk tujuan luar negeri.

Prosesnya agak sedikit ribet karena berjenjang (lihat diagram di bawah ya).

screen-shot-2016-11-20-at-2-45-45-pm

Berikut langkah-langkah yang saya lakukan:

  1. Meminta surat pengantar dari RT
  2. Surat Keterangan dari Kelurahan – dengan membawa surat pengantar dari RT, fotokopi kartu keluarga dan KTP.
  3. Setelah itu harus ditandatangani oleh pihak kecamatan dan Polsek.
  4. Mempersiapkan persyaratan
    • Mengisi formulir daftar riwayat hidup (bisa online atau tersedia di Polsek terdekat)
    • Pas foto 4 x 6 berlatarbelakang merah (sediakan 4-6 lembar)
    • Fotokopi KTP/SIM
    • Fotokopi KK
    • Fotokopi akte kelahiran
    • Surat pengantar dari Keluarahan
  5. Ke Polres untuk mendapatkan surat pengantar SKCK Luar Negeri
    Disini diminta menyerahkan semua persyaratan dan pengambilan sidik jari. Nah, kebetulan suami sudah di Kanada. Sempat bingung juga, karena dari pihak Polres minta dikirimkan dari Kepolisian Kanada. Jreng..jreeng…. 😅😅⁠⁠⁠⁠
    Karena prosesnya ga kalah ribet, akhirnya kami mencari alternatif. Ternyata bisa juga menggunakan sidik jari hasil rekam data e-KTP. Akhirnya meluncur ke Kantor Catatan Sipil. Yeay…alhamdulillah, kata Bapak Polisi bagian sidik jari, kualitasnya sangat bagus. Jelas & mudah dibaca.
    Kemudian kita akan mendapatkan surat rekomendasi SKCK Luar Negeri untuk dibawa ke Mabes Polri atau Polda.
  6. Ke Mabes Polri di Blok M
    Sebenarnya ga harus ke Mabes Polri. Alternatifnya bisa ke Polda. Tapi buat saya Mabes lebih dekat daripada harus ke Polda Jabar di Bandung.
    Di Mabes prosesnya:
    (1) mengambil nomor antrian
    (2) menyerahkan surat rekomendasi dari Polres, foto, dan dokumen lain di atas
    (3) menunggu panggilan
    (4) membayarRp 30.000,00 per orang
  7. Selesai

Prosesnya lumayan panjang ya. Tapi ada kepuasan tersendiri kalau semua berhasil dilewati  😊

Oya, masa berlaku SKCK ini 6 bulan. Kita bisa memperpanjang jika diperlukan. Proses perpanjangan di Mabes/Polda yang mengeluarkan SKCK kita. Jika kita tidak bisa hadir, kita bisa meminta bantuan teman/saudara dengan melampirkan surat kuasa.

 

14 thoughts on “Membuat SKCK Tujuan Luar Negeri

  1. Joe says:

    Halo kak, salam kenal ya. Saya senang sekali bisa belajar banyak dari pengalaman kakak.
    Mau nanya sedikit mengenai SKCK utk visa studi canada cukup sampai di polda ya kak? Tidak perlu ke Mabes POLRI, kementrian Hukum & HAM, dan kemenlu?
    Terima kasih sebelumnya!

    Like

  2. seasee says:

    hi, salam kenal…
    informasinya sangat membantu saya yang dalam kondisi yang sama. saya membutuhkan skck untuk pengurusan partner visa. boleh kah dibantu, saya kesulitan memilih “tujuan” pembuatan skck ini yg mana. karena ada beberapa pilihan tp tidak “pas”

    * saya cek form ini lewat pengurusan online

    lalu apakah diperlukan surat kuasa untuk perwakilan pengurusan skck ini. terima kaish

    Like

    • Halo, salam kenal 😊😊⁠⁠⁠⁠
      Tujuan ini, apakah maksudnya untuk ‘keperluan’ di point pertama skck online?

      Iya, perlu surat kuasa. Kecuali seperti kasus saya, saya mengurus SKCK untuk saya & suami, tidak perlu surat kuasa 😊😊⁠⁠⁠⁠

      Like

  3. Dea says:

    halo salam kenal,
    Kondisinya hampir mirip nih dengan saya. Saya mau memperpanjang izin tinggal saya di luar negri (Swiss) dan petugas imigrasi di sini meminta skck.
    Untuk minta data sidik jari dari Disdukcapil itu maksudnya kita minta blanko e-ktp? atau apa ya? Apa kalau SKCK diurus oleh orangtua memerlukan surat kuasa?
    Terimakasih banyak sebelumnya 🙂

    Like

    • Halo Mbak Dea, salam kenal 😊😊
      Waktu itu saya langsung minta rekam sidik jari & bilang untuk keperluan SKCK.
      Humm.. masih 1 KK dengan orang tua kah mbak? Kalo iya, kayanya ga perlu karena kemaren waktu minta punya suami ga perlu surat kuasa.
      Semoga lancar semua ya mbak 😊😊

      Like

  4. Sunny says:

    Mbak, Skck buat urusan ke luar negeri misal izin tinggal itu nama yg dicantumkan di skcknya nama di paspor kita kah bukan nama yg di ktp kan?
    Sudah 2 bahasa kah skcknya mbak?
    Nggak bisa ya kita minta limitnya jadi 1 tahun?

    Like

    • Halo Mbak Sunny, kebetulan nama saya di KTP dan di paspor sama. Tapi fotokopi kedua dokumen (KTP dan paspor) juga diminta. Mungkin nanti bisa ditanyakan langsung disana ya mbak.
      Untuk yang tujuan internasional, SKCK sudah dwibahasa.
      Mengenai masa berlaku, dari situs polri.go.id, “SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku dan bila dirasa perlu, SKCK dapat diperpanjang oleh yang bersangkutan.”
      Semoga lancar semua ya mbak 😄

      Like

      • Sunny says:

        Oh ya mbak, saya mau nanya lagi itu pas SKCK nya ditanda tangani apa atas nama di tanda tangannya? Maksud saya bukan komisarisnya langsung? Karena waktu saya liat pada SKCK yang ada di internet yang keliatan itu atas nama. Kalo atas nama masalah nggk kira kira di kemenhumhamnya dan di kedutaannya ketika mau dilegalisir? Terima kasih mbak sebelumnya.

        Like

      • Kalau memang dikeluarkan oleh instansi resmi seperti Mabes Polri/Polda, sepertinya gapapa mbak. SKCK tujuan luar negeri ini kan sudah banyak digunakan oleh teman2 yang lain sebelumnya dan kayanya aman2 aja mbak 😊😊

        Like

  5. Catherine says:

    halo kak…numpang nanya, ini proses SKCK nya ga bisa dari online ya? tanpa melalui RT/RW/Lurah/Camat. Apakah melalui ini jg bisa https://skck.polri.go.id/

    Saya jg mau nanya nih, saya dulu pernah tinggal di Canada dan skrg sudah balik Indo dan skrg saya lg apply utk immigration ke Canada jd diperlu kan police clearance.

    yg saya bingungnya, gmn cara dptin police clearance pas saya tinggal dulu di Canada ya? Trima kasih.

    Like

Leave a Reply

