‘Mengubah Status’ Visitor Visa menjadi Open Work Permit

Sebagai pendatang untuk bisa bekerja di Kanada, tentu kita harus punya visa kerja *ya iyalaah 😝😝⁠⁠⁠⁠

Nah, perkaranya untuk bisa mendapatkan visa kerja itu syaratnya ya ampun banget 😂😂⁠⁠⁠⁠. Mulai dari job offer alias surat penawaran kerja, kontrak kerja dan Labour Market Impact Assessment (LMIA – yang intinya memastikan bahwa ga ada orang Kanada yang bisa melakukan pekerjaan ini, maka harus meng’impor’ tenaga kerja asing. Nah LMIA ini harus diajukan oleh pemberi kerja & kalo ga salah mereka harus membayar C$ 1000).

canada-work-permit-visa-requirement

foto: nordenergi.org


Trus  kalau pengen bekerja di Québec, kita harus mendaftar CAQ (Québec Acceptance Certificate) 😂⁠⁠⁠⁠😂⁠⁠⁠⁠😂⁠⁠⁠⁠. Info lengkap bisa dilihat disini.

Nah, saya datang ke Kanada menggunakan visitor visa yang berlaku hingga tahun 2017. Wiih baik kan? Dulu pas ke Jerman cuma dikasih 90 hari (dan sampai disana harus segera mengurus residence permit). Saya pikir saya akan melakukan hal yang sama.

Eng..ing..eeeng, ternyata tidaak. Maklum ya, belum pengalaman tinggal di luar negeri masih minim 😂⁠⁠⁠⁠😂⁠⁠⁠⁠. Dengan visitor visa, saya hanya bisa tinggal maksimal 6 bulan. Kalau ingin memperpanjang harus 30 hari sebelumnya dan membayar C$ 100.

Sinyal perhitungan mamak2 pun aktif 😂😂⁠⁠⁠⁠. Kalau setiap 6 bulan harus bayar C$100 kan lumanyun banget. Satu-satunya cara ‘paling murah yang saya temukan adalah merubah status visa menjadi open work permit. Siapa saja yang bisa apply open work permit bisa dicek disini.

Hamdalah sebagai istri mahasiswa, saya bisa mendaftar open work permit. Caranya cukup mudah dan saya melakukan via online. Syarat-syaratnya:

  1. Mengisi form aplikasi (IMM 5710)
  2. Membayar biaya aplikasi C$ 255 (update biaya bisa dilihat disini)
  3. Fotokopi paspor
  4. Visa
  5. Fotokopi buku nikah
  6. Medical check up (saya pakai hasil medical check up yang sama dengan aplikasi visa, menjelang expired padahal 😂⁠⁠⁠⁠)

Kalau semua dokumen lengkap, approval-nya cepet dan beberapa hari kemudian open work permit akan dikirimkan ke alamat kita 😊⁠⁠⁠⁠. Dengan demikian, saya bisa tinggal sampai 2017 tanpa harus memperpanjang ijin tinggal setiap 6 bulan dan kalau ada yang mau mempekerjakan saya..ga perlu pakai LMIA. Alhamdulillah yaa 😂

NOTE:

  1. Document check list untuk akan bervariasi, bergantung pada situasi dan kondisi applicant
  2. Kebijakan pemerintah Kanada ini suka update (banget), jadi harus cek lagi di web CIC dan (kalau perlu) telpon ke call centre untuk memastikan.

 

 

Leave a Reply

