Ketika Suami Sekolah (lagi)

Ketika mendengar kabar suami akan sekolah ke Kanada, saya pun joged2 terbayang akan ‘cuti panjang’ dari bangun-pagi-langsung-mandi-lalu-ngejar-kereta 🤣 Yup, sebagai anker (anak kereta), pergi ke kantor di Jakarta dari rumah di Bogor dengan nyawa yang belum sepenuhnya kembali, kadang terasa melelahkan 😬

taman

Lalu terbayang bisa jalan-jalan di taman yang tersebar di penjuru kota, window shopping sambil makan es krim plus berburu diskonan, dan hal-hal lain yang menyenangkan. Yayaya… kalo cuma seminggu-dua minggu, yes..itu sangat menyenangkan. Tapi kalo berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun? Eits, ntar dulu 😂😂

Untuk itu saya sebelum berangkat saya bercita-cita belajar menjahit. Saya pengen nanti punya usaha tas made by me, boneka, atau apapun. Jadi tukang jahit di luar negeri kan lumayan ya penghasilannya 😎😎⁠⁠⁠

Tapi cita-cita belajar menjahit saat masih di Indonesia rupanya baru sebatas doa dan harapan 😂😂 Dengan ritme pekerjaan yang aduhai , saat akhir pekan saya pun mager di rumah 😂😂 

Sesampai disini mulailah saya koprol mencari kegiatan yang cocok. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan oleh mamak-mamak yang menemani suami-nya studi adalaaah:

  1. Kuliah (juga)
    Sempat galau mau PhD atau ga, tapi akhirnya saya memilih untuk ga kuliah (lagi) 😬
    Kalau ingin kuliah lagi, di Uni Laval banyak lowongan master dan doktoral. Nanti kapan2 saya cerita apa aja yang harus dipertimbangkan sebelum para mamaks memutuskan untuk kuliah *tapi nulisnya nunggu dapet wangsit ya 😬😬
  2. Bekerja
    Di Québec ini sebagian besar pekerjaan memerlukan kemampuan berbahasa perancis. Meskipun disini buanyak lowongan, kalau kemampuan Bahasa Perancis tiarap macem saya, terpaksa sementara ini gigit jari 😬😬
    Beberapa instansi meminta penyetaraan ijazah untuk kita yang sekolahnya di luar Québec. Kalo perlu info tentang penyetaraan ijazah bisa baca lebih lanjut disini. Disini juga ada beberapa lembaga yang membantu newcomers menemukan pekerjaan, diantaranya SOIT dan Option Travail.
  3. Membantu penelitian suami
    Kebetulan penelitian suami dan latar belakang saya sejenis, kehutanan. Jadilah saya semacam nostalgia pelajaran silvika, silvikultur dan ilmu tanah 😬😬
    Hampir setiap hari membantu di green house atau jika ada yang bisa dikerjakan di rumah, saya bisa kerjakan sambil membereskan pekerjaan domestik *iyah, kadang hampir ketuker antara sample tanaman sama sayuran yg mau dimasak 😆😆.
  4. Belajar bahasa
    Kebetulan disini bahasa resminya Bahasa Perancis. Jadilah saya belajar seminggu 3 kali. Bahkan musim gugur kemarin, saya les 4 kali seminggu.
  5. Jadi relawan (volunteer/bénévole)
    Rupanya menjadi relawan adalah hal yang sangat dianjurkan di Kanada. Bahkan bisa menjadi nilai tambah di CV.
    Beberapa LSM punya progam ini. Nah, kita bisa ikut program sesuai minat. Beberapa LSM yang udah pernah saya datangi:
    Ressource Espace Familles (tempat saya les prancis gratis)
    Voice of English-speaking Québec (VEQ)
    Le Mieux-Être des Immigrants (MEI)
    Beberapa bulan terakhir saya bergabung menjadi volunteer di MEI. Saya bergabung di bagian food distribution alias pembagian sembako. Nah, saya disamping bantuin bagi sembako, saya sekalian praktek basa prancis. Maklum ya, disitu saya satu2nya yang Bahasa Perancis-nya masih gagu . Jadilah saya ‘memanfaatkan’ teman2 sesama volunteer untuk praktek ngobrol  😂😂⁠⁠⁠⁠
    Lumayan, sambil menyelam minum air  😎😎
  6. Nulis blog
    Iyah, blog kaya gini. Suka-suka aja nulisnya  😬😬
  7. Belajar jahit ⁠⁠⁠⁠
    Nah ini, akhirnya kesampean belajar jahit 😂⁠⁠⁠⁠😂⁠⁠⁠⁠ Sejauh ini baru sukses bikin tas laundry sama sarung bantal. Levelnya masih belajar jahit lurus aja 😬😬⁠⁠⁠⁠

Nah, demikian beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh mamak-mamak saat suami ada di kampus.

Leave a Reply

