Asuransi Kesehatan di Kanada

Sebagai visitor (dan punya open work permit/OWP), mencari asuransi kesehatan  di Kanada (baca: Québec) ternyata perlu waktu 😅. Karena kami pengen segera punya momongan, tentu saja kriterianya harus meliputi biaya melahirkan. Jika tidak memiliki asuransi, biaya melahirkan secara normal tanpa komplikasi C$13,000 – 14,000. Iyah, cukup buat DP rumah komplek sebelah *pukpukpundak 😂

IMG_20160527_181040079

Setelah browsing kesana-kemari dan telpon berbagai provider, hasilnya:

Régie de l’assurance maladie du Québec (RAMQ)

RAMQ ini BPJS Kesehatannya Québec. Saat masih di Indonesia, saya sangat yakin dan khusnudzon saya bisa daftar RAMQ. Begitu sampai di Québec, saya dengan keyakinan sangat tinggi langsung datang ke kantor RAMQ. Hasilnya? Tentu saja saya ditolak 😂

Private Health Insurance 

Saya pernah telpon dan langsung ditolak 😅. Ternyata kalau kita tidak punya provincial health insurance (RAMQ), maka kita tidak bisa membeli asuransi kesehatan. Karena biasanya produk yang dijual hanya produk yang tidak di-cover oleh RAMQ, seperti pembelian obat, perawatan gigi, mata, dll.

Screen Shot 2017-05-29 at 3.16.10 PM

sumber: kanetix.ca

Jadi, kesimpulannya dadah-dadah sama asuransi kesehatan swasta ini.

Ikut asuransi mahasiswa

Karena suami statusnya mahasiswa dan wajib ikut asuransi, keluarga (istri dan anak) bisa ditambahkan dalam akun yang sama. Coverage-nya lumayan bagus, bisa konsul medis, rawat inap, dll. Tapi sayangnya tidak bisa membiayai persalinan.

Tapi kalau tidak ada rencana untuk melahirkan di sini, maka asuransi ini sudah cukup. Selain asuransi kesehatan, jika perlu bisa ikut asuransi (perawatan) gigi juga. FYI, untuk mahasiswa non Kanada, wajib ikut kedua asuransi tersebut. Namun untuk keluarga bisa memilih salah satu.

Biayanya juga masih lumayan masuk akal.

  • Asuransi kesehatan: C$217.87
  • Asuransi gigi: C$198.64
  • Keduanya: C$416.51

Travel Insurance

Maka pilihannya hanya ada travel insurance.Tapi hampir semua travel insurance ini hanya meng-cover emergency saja. Namun setelah browsing2 lagi, ternyata ada travel insurance yang meng-cover biaya melahirkan sampai C$10,000 (80%). Ya, lumayan lah

Kalo ada yang tanya, “Gimanaa… udah isi?”, pengen rasanya jawab, “Mau bayarin?”. Hahahaa… curcol banget inii 😝😝

Oya, untuk membandingkan antar provider, kemarin saya  menggunakan situs-situs ini:

Jadi kesimpulannya, kalau statusnya visitor/OWP tidak ada asuransi yang sempurna 😂 Harus memilih antara asuransi kesehatan (asuransi mahasiswa) atau asuransi yang meng-cover biaya lahiran (asuransi perjalanan) 😂😂.

Advertisements

5 thoughts on “Asuransi Kesehatan di Kanada

  1. Ola Lusia says:

    Halo Mba,

    Saya Lusi, salam kenal ya ^_^ kebetulan saya juga tinggal di Quebec (Visitor) dan saat ini sedang binggung mencari asuransi yg bisa cover sampai melahirkan, nemu blog ini sangat membantu sekali. Terima kasih Mba.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s