Persiapan Sebelum ke Kanada

Setelah visa siap, pastikan kita mempersiapkan ‘hidup baru’ di benua (sebelah) kutub *ecieee…

IMG_20160915_103327148

Tempat Tinggal

Beda provinsi, kemungkinan besar beda kebijakan tempat tinggal. Nah, di Québec ini untuk student yang  nanti akan membawa keluarga, harus mempertimbangkan baik-baik dalam memilih tempat tinggal.

Sebelum keluarga datang, salah satu pilihan yang bagus adalah di asrama yang disediakan oleh kampus Ulaval. Info lengkap bisa dicek disini.
Kontrak tempat tinggal juga harus diperhatikan. Di asrama ini kontraknya menyesuaikan session/semester di kampus.

Yang agak bikin susah adalah, session di kampus itu biasanya berakhir tidak pada saatnya kontrak apartemen dimulai. Eww.. bahasa saya belibet ya 😅
Jadi gini, kontrak asrama itu bisa berakhir pada bulan April. Tapi kontrak apartemen di luar kampus biasanya mulai tanggal 1 Juli. Jadi, biasanya agak lebih susah menemukan apartemen idaman ⁠⁠⁠😬

Kalau pun tinggal di luar residence, biasanya kontrak kamar harus 1 tahun dari hari pertama kita tinggal. Jadi kalau misal kita tiba di awal September, maka kontraknya akan berakhir akhir Agustus tahun depan.
*weew, tetep aja ga pas sama kontrak 1 Juli 😅

Alhamdulillah waktu itu suami bisa mendapatkan apartemen yang bisa digunakan tanpa menunggu 1 Juli. Kebetulan pas si mbak yang ngontrak akan pindah ke rumah cowonya 😂😂

Finansial

Sebelum berangkat, ada baiknya mempersiapkan beberapa dolar kanada dalam bentuk tunai. Mengapa? Untuk persiapan jika uang beasiswa belum turun, sementara kebutuhan sebulan pertama biasanya cukup besar. Berapa yang perlu disiapkan?

  • Uang kos/asrama: selain biaya kos bulan pertama, siapkan juga uang jaminan yang biasanya sebesar biaya 1 bulan.
  • Kebutuhan sehari-hari (makan, dll): bergantung kebiasaan makan. Maksudnya masak sendiri atau jajan 😬. Sekitar 200-300 insyaAllah  cukup.
  • Membeli perlengkapan masak, dll.

Kalau misalnya kos sekitar C$400, lalu dikalikan dua. Ditambah kebutuhan sehari-hari, dll sekitar 400. Maka paling tidak siapkan C$1200.

Culture Shock

Berita-berita tentang Kanada cukup menarik. Namun kondisi itu bisa berbeda untuk setiap orang. Ada baiknya mulai mencari tahu kondisi di kota yang akan ditinggali. Bagaimana kebijakan universitas, asuransi, tarif kendaraan umum, berbagai perijnan, dll. Hal ini untuk menghindari ekspektasi yang terlalu tinggi, lalu mengalami culture shock 😂

Packing

Sebelum packing, jangan lupa membaca apa saja yang tidak bisa/bisa dibawa ke Kanada. Beberapa tips dari pengalaman saya bisa dibaca disini.

Lain-lain

  • Isi pulsa minimal 200K, untuk keperluan mendesak jika tidak menemukan akses internet gratis di kota tujuan (maklum, karena international roaming, biaya panggilan/menerima bisa mencapai 12K/menit dan SMS 9K/sms)
  • Siapkan dolar kanada dalam pecahan kecil (misal $20), jika ada perlu misal beli makanan.
  • Jika ada, bisa membawa beberapa USD – jika harus membeli sesuatu selama transit di negara lain.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s