Tips Membeli Tiket ke Kanada

Alhamdulillah tahun lalu perjalanan kesini aman terkendali, meski sendirian menggeret 3 buah koper seberat 56 kg dan hanya berbekal tiket sekali jalan 😂

IMG_20160513_112722589

Ternyata ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum membeli tiket untuk ke Kanada.

  1. Jika tidak memiliki visa Amerika Serikat, jangan memilih penerbangan yang mampir kesana. Imbasnya, (1) bayar jaminan, atau (2) dipulangkan. Konon, nama kita juga akan ada di daftar hitam mereka selama 5 tahun *sigh ⁠⁠⁠😪
  2. Jika tiba di Kanada tidak langsung di kota tujuan, pilih connecting time yang cukup untuk urusan imigrasi, pengambilan bagasi dan pindah terminal. Ada pengalaman teman yang tertinggal pesawat berikutnya karena antrian imigrasi cukup panjang. Connecting time 1,5 jam insyaAllah cukup, dengan catatan antrian tidak panjang urusan imigrasi lancar. Agar aman, biasanya saya pilih waktu tunggu sekitar 3-4 jam.
  3. Untuk pemegang visitor visa, sebaiknya tanyakan pada maskapainya apakah harus memiliki tiket PP. Pengalaman saya, alhamdulillah tidak diminta tiket PP. Tapi saya baru saja mendapat kabar, ada teman yang tidak diperbolehkan terbang oleh maskapainya dengan alasan tidak memiliki tiket pulang. Kata petugasnya, ini kebijakan imigrasi Kanada. Heuu…Saya pun menelpon maskapai yang dulu saya gunakan. Ternyata mereka juga punya kebijakan yang sama: “pemegang visitor visa harus punya return ticket.” Ketika saya bertanya, “Lah, tapi tahun lalu saya kok bisa pakai tiket one way?”
    Oh ya? Saya malah ga tau deh kalo bisa. Coba tanya ke Imigrasi. Setau saya mah kudu tiket PP
    *ya keleus mas, saya udah setahun disini masa iya saya tanya ke imigrasi, “om..om, kenapa yah saya bisa lolos padahal ga punya tiket pulang?” 😂😂

Selamat berburu tiket ke Kanada ya.. Semoga perjalanan lancar dan aman sampai di kota tujuan 😊

Leave a Reply

