Tips Membeli Tiket ke Kanada

Alhamdulillah tahun lalu perjalanan kesini aman terkendali, meski sendirian menggeret 3 buah koper seberat 56 kg dan hanya berbekal tiket sekali jalan 😂

IMG_20160513_112722589

Ternyata ada beberapa hal yang harus dipastikan sebelum membeli tiket untuk ke Kanada. Continue reading

Advertisements

Waktu Proses Visa Kanada

Sepertinya tahun ini waktu untuk memproses visa Kanada tidak secepat waktu saya & suami membuat visa.

sakura

Waktu itu, untuk visa studi waktu itu prosesnya super-cepat. Memasukkan aplikasi (via aplikasi online) pukul 6 pagi, jam 10 pagi sudah mendapat approval dan diminta memasukkan paspor ke VFS. Dalam 3 hari kerja, paspor sudah bisa diambil 😍😍⁠⁠⁠

Continue reading

Aplikasi CAQ (lagi)

Kali ini kembali berurusan dengan Ministère de l’Immigration, de la Diversité et de l’Inclusion (MIDI) untuk aplikasi perpanjangan Certificat d’Acceptation du Québec (CAQ). Terakhir apply kan udah hampir 2 tahun yang lalu ya. Udah lupa pula. Saya cuma inget betapa ribetnya urusan per-CAQ-an ini. Tadi saya agak kaget juga pas liat persyaratannya cukup mudah.

Lalu dengan PD-nya, saya pun langgsung memulai proses aplikasi online. Setelah bayar dan submitted, eng ing eeeeng… Saya kaget. Ternyata daftar dokumennya banyaak😅 *selfpukpuk
Lha saya kepedean. Di awal ga ditulis document check list-nya. Harusnya saya jangan terlalu berkhusnudzon sama MIDI  😅 😅 😅 Continue reading

‘Mengubah Status’ Visitor Visa menjadi Open Work Permit

Sebagai pendatang untuk bisa bekerja di Kanada, tentu kita harus punya visa kerja *ya iyalaah 😝😝⁠⁠⁠⁠

Nah, perkaranya untuk bisa mendapatkan visa kerja itu syaratnya ya ampun banget 😂😂⁠⁠⁠⁠. Mulai dari job offer alias surat penawaran kerja, kontrak kerja dan Labour Market Impact Assessment (LMIA – yang intinya memastikan bahwa ga ada orang Kanada yang bisa melakukan pekerjaan ini, maka harus meng’impor’ tenaga kerja asing. Nah LMIA ini harus diajukan oleh pemberi kerja & kalo ga salah mereka harus membayar C$ 1000).

canada-work-permit-visa-requirement

foto: nordenergi.org

Continue reading

Aplikasi Visa Studi di Kanada

Pertengahan tahun lalu, alhamdulillah suami mendapat beasiswa untuk studi di Universitas Laval. Jangan tanya letaknya dimana ya, hehehe… Saat itu yang kami tahu, universitas tersebut ada di Quebec City, Kanada. Konon kabarnya, termasuk kota tertua di Kanada yang arsitekturnya bergaya Eropa. 

IMG_20160521_144416777
Untuk membuat visa Kanada di Indonesia, kita tidak perlu datang ke kedutaan Kanada. Ada VFS Global yang diberikan wewenang oleh pemerintah Kanada terkait proses administratif bagi pemohon di Indonesia. Kantor VFS Global Kanada ada di Jakarta dan Surabaya, alamatnya disini.

Jika kita mencari informasi mengena aplikasi visa di website VFS Global, akan ada tautan otomatis menuju website imigrasi Kanada (CIC – Citizenship and Immigration Canada). Jenis visa yang tersedia adalah:
– visa kunjungan sementara (temporary resident visa/TRV),
– ijin belajar (study permits) dan
– ijin bekerja (work permits).
Ada satu jenis visa lagi terkait dengan penduduk tetap/permanent residence. Tapi saya tidak akan membahasnya disini 🙂
Continue reading